5 Faktor Utama Yang Menentukan Harga Cincin Emas - hijapcantik

Selasa, 23 April 2024

5 Faktor Utama Yang Menentukan Harga Cincin Emas



Memasuki dunia perhiasan, cincin emas tidak hanya sebatas simbol keindahan semata melainkan juga bisa menjadi sebuah aset jangka panjang. Namun untuk bisa mendapatkan harga cincin emas yang terbaik di tengah kondisi pasar yang sedang naik turun, tentu saja tidak semua bisa orang melakukannya. 

Khusus bagi Anda yang masih belum terbiasa dalam jual beli perhiasan emas, artikel ini akan mencoba mengupas tentang beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai jual emas, sehingga dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan pembelian yang terbaik.  

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Jual Emas

Setidaknya ada 5 faktor utama  yang bisa mempengaruhi harga cincin emas di pasaran. Yakni diantaranya adalah sebagai berikut: 

  1. Kadar Emas

Pertama, nilai jual emas seringkali di latar belakangi oleh jumlah kadar yang ada didalamnya dan dapat diukur dalam satuan karat. Emas murni sendiri adalah berjumlah 24 karat, namun karena terlalu soft untuk dijadikan sebagai perhiasan, jadi seringkali dicampur dengan material logam lainnya. 

Kadar emas yang umum ditemukan pada sebuah cincin emas adalah yang berjumlah 18 karat atau mengandung 75%emas, dan ada yang 14 karat dengan jumlah kandungan 58,3%emas. Semakin tinggi kadar emas pada sebuah cincin, maka akan semakin mahal juga harganya. 

  1. Berat Emas

Berat perhiasan cincin emas yang biasanya diukur dalam satuan gram, juga sangat menentukan nilai jual dari perhiasan cincin emasnya itu sendiri. Maka semakin berat sebuah cincin emas, maka akan semakin mahal juga nilai jualnya. 

Namun sebagai catatan, berat total pada sebuah cincin emas ini sendiri, bisa mencakup dari berat total logam tambahan dan juga sematan batu permata yang ada didalamnya. 

  1. Desain dan Kerumitan pada Cincin

Salah satu faktor yang juga bisa menentukan nilai jual perhiasan cincin emas, juga terletak pada desain dan kerumitan proses pembuatan cincin. Yang mana cincin dengan proses pembuatan yang kompleks atau memerlukan tenaga ahli, biasanya akan dihargai lebih mahal dan dibuat secara terbatas. 

Terlebih lagi jika pengrajin cincinnya sudah memiliki nama besar dalam dunia perhiasan atau fashion, biasanya mereka sering mematok perhiasan yang dibuat dengan harga yang sangat fantastis. 

  1. Tambahan Batu Permata

Cincin yang dibuat dengan penyematan batu permata, sudah jelas akan sangat melambung tinggi harganya. Dengan catatan bahwa batu permatanya sendiri, sudah memenuhi standar kejernihan, ukuran, warna dan lain sebagainya. 

Apalagi jika cincin tersebut disematkan dengan batu permata yang tergolong langka, maka sudah jelas nilai jualnya akan sangat jauh lebih tinggi daripada cincin dengan aksen batu permata biasa. 

  1. Kondisi Pasar Emas

Harga emas di dalam pasar global, sejatinya bisa bersifat tidak menentu dengan didasari oleh berbagai faktor di belakangnya. Bisa karena faktor kondisi ekonomi, sosial dan juga isu politik yang sedang berkembang. 

Alhasil dengan kondisi tersebut, harga perhiasan cincin emas ini akan selalu mengalami perubahan, seiring dengan keadaan fluktuasi harga emas di pasar global. Dengan demikian, Anda wajib untuk terus memantau tren harga emas terkini yang bisa diakses lewat berbagai situs internet yang berkaitan. 

Itulah kiranya pembahasan mengenai berbagai faktor yang bisa mempengaruhi harga cincin emas di pasaran. Yang jelas, selain harus terus memantau tren perkembangan emas, Anda wajib melakukan pembelian perhiasannya hanya di gerai terpercaya seperti halnya dari The Palace Jeweler. 

Melalui website resminya, gerai perhiasan yang #Therlengkap, #Therjamin dan #Therjangkau ini, menawarkan berbagai koleksi perhiasan terbaik yang bisa Anda miliki, tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar