5 Tahap Perkembangan Janin Kembar - hijapcantik

Kamis, 19 Desember 2019

5 Tahap Perkembangan Janin Kembar

usia janin
Bagi calon ayah dan bunda yang telah lama menunggu kedatangan si buah hati, mendapat kabar kehamilan saja sudah menjadi kebahagiaan yang luar biasa. Apalagi jika kabar tersebut menyatakan bahwa mereka akan mendapat bayi kembar. Tentu saja, kebahagiaan itu akan menjadi berlipat-lipat. Mungkin sebagian mereka malah akan mencari informasi lebih tentang pertumbuhan bayi mereka, seperti mengunjungi web yang dikelola Bidan Sela yang berada di Bandung.

Jarang ada yang tidak bahagia saat mendengar bayi yang sedang dikandung ternyata kembar. Namun begitu, bagi bunda yang mendapatkan rezeki ini, juga butuh perjuangan untuk menjaga perkembangan dan pertumbuhan janinnya selama kehamilan. Karena bukan hanya kesehatan bunda saja yang perlu diperhatikan, tetapi ada dua nyawa lain yang sedang bergantung padanya. 

Jika Bunda ingin mengetahui, berikut beberapa tahap pertumbuhan usia janin kembar selama awal-awal kehamilan
usia janin
Usia tiga minggu

Pada usia ini, kedua janin yang ada di dalam rahim masih berupa bola yang sangat kecil dan saling berhadapan. Terdiri dari beratus-ratus sel yang terbentuk dan disebut blastokista. Nantinya sel ini akan berkembang menjadi janin laki-laki ataupun perempuan. 

Usia empat minggu

Pada minggu ini, janin sudah menunjukan perkembangan yang signifikan. Sudah terbentuk embrio yang nantinya akan bertumbuh dan berkembang menjadi bakal organ-organ tubuh bayi.

Usia delapan minggu

Pada waktu ini, perkembangan janin bunda sudah mencapai terbentuknya organ-organ berupa lengan dan kaki. Meskipun begitu, bentuknya masihlah sangat kecil. Saat ini juga, organ jantung yang telah terbentuk sudah mulai berdetak.

Usia dua belas minggu

Pada usia kehamilan dua belas minggu, perut bunda akan sudah terlihat. Bayi di dalam kandungan pun sudah mulai terlihat wujudnya. Jari-jari bayi kembar bunda sudah terbentuk dan bagian mata sudah tertutup oleh kelopak.

Usia enam belas minggu

Jika Bunda sudah tidak sabar untuk mengetahui perkembangan janin di dalam kandungan, dan juga ingin mengetahui jenis kelamin kedua bayi bunda, ini adalah saat yang tepat untuk melakukan pemeriksaan USG. Biasanya di waktu ini, jenis kelamin sudah dapat diketahui dengan baik, apakah berjenis kelamin laki-laki atau perempuan, atau keduanya.

Melihat perkembangan kedua bayi bunda selama kehamilan memang selalu memberikan ketakjuban. Jaga selalu asupan dan nutrisi untuk ibu dan si buah hati agar senantiasa sehat sampai waktu melahirkan tiba. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar